#CeritaAlma: Alma 11 Bulan

10:02 AM




Duuuh telat banget ini saya update perkembangan mba Alma di bulan ke-11, padahal udah mau 1 tahun. Ibunya lagi galauu mba Alma mau masuk sekolah. Kerjaannya mewek-mewek ajaah T___T

Di usia 11 bulan berat badan mba Alma 8,5 kg, mundak 1 ons dari bulan kemaren. Alhamdulillah ya masih mundak walaupun sedikit. Lhaa dia sekarang pecicilan, makanannya nggak jadi daging. Tingginya 72 cm. 

Bayi di umur segini udah bisa macem-macem. Saya tulis yang inget aja deh. Hahahaha maklum ibu juga tempat salah dan lupa.

1. Naik tangga

Anaknya lagi hobiii banget naik tangga. Tiap kali lagi di bawah dan diumbar pasti berakhir dengan naik tangga ke lantai 2 lengkap 17 anak tangga. Mau berapa kali pun naik tangga tetep saya temenin. Kecuali kalo udah ngantuk kadang kakinya suka kepleset, saya angkut langsung.

Kayaknya mba Alma emang hobi manjat-manjat. Kalo di kamar dia akan manjat meja dengan pijakan kardus -___-
Manjat ke jendela juga, pegangan tralis terus kakinya napak ke tembok dan bantal buat naik. Apa ajaa deh yang bisa dipanjat. 


2. Jongkok

Dia udah bisa jongkok. Kalo mau pipis atau pup udah bisa jongkok. Kadang masih sambil pegangan.


3. Belajar berdiri

Mba Alma masih rambatan tapi kadang lupa lepas tangan dan udah bisa berdiri sebentar. Dia suka angkat tangan sambil badannya lunjak-lunjak berdiri pake dengkul. Atau dia nungging tinggi tapi tangannya belum bisa ngangkat.

Saya memang nggak ngajarin mba Alma untuk titah. Dan dia sendiri emang nggak mau. Kecuali kalo di tempat yang dia nggak mungkin mbrangkang, baru lah dia minta gandeng. Saya tetap menstimulasi dia belajar jalan, tapi pake push walker aja.


4. Ceriwis

Sekarang dia ceriwiiiis bangeet. Ngomong terus, tapi saya nggak ngerti maksudnya apa. FAILED T___T
Rasanya pengen makan konyaku penerjemah biar ngerti mba Alma ngomong apa. Kalo diajak ngobrol dia nyahut, tapi ya itu nggak tau ngomong apaaa. Ada sih beberapa yang sudah jelas kaya "bapak", "nenen", "nggak" dan "emoh".
Ngomongnya pun pake eskpresi macem-macem. Kadang dia ngomong panjang lebar sambil tepuk tangan terus ketawa-tawa. Kayaknya seru banget. Kan saya jadi penasaraaaaan dia ngomong apa -__-
Pernah juga dia ngomong pake nada marah-marah. Bapaknya dimarahin. Hahahaha...gara-gara udah jam tidurnya mba Alma tapi bapak masih di depan laptop. "Bapak, ngggengjhjoonghaaunguuaaa!!" sambil nunjuk-nunjuk bapaknya. Bapaknya kaget, saya ketawa. Hahahaha...mungkin maksudnya disuruh jangan depan laptop terus, sini tidur aja. Suami saya langsung tiduran di kasur, mba Alma senyum. Hahahahaha

Dia juga bisa niru suara binatang. Cuma memang belum sama persis sih, tapi nadanya udah bisa sama. Misalnya, suara kambing "mbeeek", dia ngomongnya "maaaa". Suara anjing, macan, dia menggeram "rrrrrmmm".


5. Memanggil binatang

Mba Alma lagi seneng-senengnya sama binatang. Setiap lihat binatang atau gambar binatang dia pasti manggil. Manggilnya itu pake jari itu loh apa ya namanya. Jarinya uwik-uwik kaya manggil ayam. Jadi itu dia sering lihat saya manggil kucing pake jari gitu. Terus mba Alma ikut-ikutan.
Binatang apa aja digituin, dari cicak, kucing, kambing, ayam, semuanyaaaa.


6. Baca buku

Sebenernya mba Alma sudah dibacakan buku dari umur 4-5 bulan. Cuma ya ituuu, waktu masih umur segitu bukunya disobek-sobek. Udah 2 buku yang jadi korban, soalnya bukan board book. Dulu saya iseng aja sih beli buku anak-anak diskonan yang banyak gambarnya. Bukan khusus buku bayi yang board book. Mba Alma sekarang punya 2 board book bahasa inggris. Yang satu tentang baby animal isinya foto binatang asli lengkap ada bulu-bulunya buat belajar sensorik, yang satu lagi cerita tentang monyet di hutan. Dia udah lebih ngerti kalo baca buku. Kalo saya baca sambil nunjuk, nanti dia ikutan nunjuk. Seringnya sih dia baca buku sendiri, saya nggak boleh pegang.

Untuk board book yang baby animal dia sukanya cuma sama kucing, anjing sama panda. Yang lain ada bebek sama rusa. Dia nggak sukaaaa. Hahaha kalo buka halaman bebek atau rusa langsung dibalik. Dia baca buku sambil ngomong sendiri dan niruin suaranya.


***

Duuhhh apa lagi ya? Banyaak sih. Udah dulu deh yaa

-nuki-




You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

About Me

Like us on Facebook

Flickr Images

Total Pageviews